lembahbiru

Let's share, through a little . . .

Setting Email POP3 dan IMAP pada Ms. Outlook 2007

Setting Email POP3 dan IMAP pada Ms. Outlook 2007

Anda ada masalah dengan setting email pada Ms. Outlook 2007 ?

Jangan khawatir, kami akan memberikan tutorial gratis cara setting email POP3 dan IMAP pada Ms. Outlook 2007, sebagai berikut :

1. Buka Ms. Outlook 2007, kemudian akan tampil kotak dialog seperti berikut :

2. Kemudian klik “Next”, maka anda akan masuk ke kotak dialog Account Configuration, sbb :

3. Kemudian centang “Yes” dan klik “Next”, maka anda akan masuk ke kotak dialog “Add New E-Mail Account”, sbb:

4. Di kotak dialog “Add New E-Mail Account”, anda harus mengisi semua form yang ada. Kemudian klik “Next”, maka akan muncul kotak dialog configuring dari email account anda, sbb:

5. Di kotak dialog ini, Ms. Outlook akan mendownload data dari server tempat email address anda untuk selanjutnya di tampilkan di Ms. Outlook 2007.  Setelah proses selesai klik “Next”, maka akan muncul kotak dialog sbb :

6. Pada kotak dialog Email Setting, anda dapat merubah tipe settingan dari email anda apakah bertipe POP3 atau IMAP. Untuk perbedaan dari POP3 dan IMAP akan saya jelaskan nanti. Untuk pada tahap ini, kita pilih POP3 terlebih dahulu. Kemudian klik “Next”.

7. Sekarang Ms. Outlook anda telah memanage akun email anda . Anda bisa berkomunikasi dengan akun email anda, jadi lebih mudah.

8. Untuk settingan email bertipe IMAP, pada jendela Ms. Outlook 2007 klik tombol tools, kemudian pilih options sbb:

9. Kemudian pada kotak dialog Options, pilih tab Mail Setup kemudian klik Email Accounts sbb :

10. Kemudian akan muncul kotak dialog Account Setting, pada tab E-mail klik tombol “New..”,  sbb:

11. Kemudian muncul kotak dialog Add New Email Account, centang pilihan pertama, kemudian klik “Next” sbb :

12. Kemudian akan muncul kotak dialog Add New Email Account, disini anda bisa mengetikkan email address dan password anda, sbb :

13. Setelah itu, klik “Next” sbb :

14. Disinalah perbedaan stepnya, pada tahap ini pada Account Type anda ubah menjadi “IMAP”, kemudian klik “Finish”. Pada tahap selanjutnya akan sama seperti tahap akun anda yang pertama tadi. Selanjutnya akan saya jelaskan perbedaan POP3 dan IMAP sebagai berikut :

1. Dari sisi aplikasi.
Protokol pop3 pada umumnya jalan di aplikasi email client sepertithunderbird, pegasus, microsoft outlook, outlook express, eudora danlain sebagainya Sedangkan protokol imap menghandle di webmail clientyaitu aplikasi yang jalan berbasis web yang diakses dari browser.Umumnya menggunakan webclient dari setiap server yang digunakan.Misalnya ***@yahoo.com dapat diakses di http://yahoo.com/email
2. Dari sisi pengambilan/penarikan email.
Pop3 mengambil email dari server dengan satu kali koneksi. Artinyapada saat kita ingin membaca email maka kita harus melakukan prosessinkronisasi di aplikasi e-mail client sehingga semua email akan ditarik ke komputer local pada saat terjadi koneksi internet keserver.Sedangkan imap mengambil email pada saat user membuka surat saatterjadi konkesi internet keserver. Ibaratnya, pop3 itu adalah koneksisekali dan imap adalah berkali-kali.
3. Dari sisi pembacaan email
Inbox email yang menggunakan protokol pop3 hanya dapat dibacadikomputer lokal dimana sebelumnya telah dilakukan proses sinkronisasi.Semua email yang ada di inbox dapat dibaca kapan saja kita inginkantanpa harus ada koneksi internet keserver. Untuk protokol imap, membacaemail di inbox harus saat terjadi koneksi internet keserver. Intinyainbox pop3 hanya dapat dibaca dikomputer lokal dan inbox imap dapatdibaca dimana saja didunia ini dengan catatan komputer yang digunakanterdapat koneksi internet keserver. Sederhananya pop3 memindahkan inboxke komputer local sedangkan imap meninggalkan inbox tetap diserver.
4. Dari sisi port yang digunakan
Ya jelas bedalah dimana protokol pop3 menggunakan port 110 sedangkan protokol imap menggunakan protokol 143.

Tulisan ini tidak membahas dari segi teknis masing-masing protokolnamun dari segi operasional disisi client. Mau gunakan yang mana, pop3atau imap? Pastikan dulu server email yang anda gunakan mendukung keduaprotokol ini.. Jika iya saran penulis, sesuaikan dengan kebutuhanmasing-masing.

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: